Cara Membersihkan Kompor Tanam Berbahan Kaca dengan Mudah

Cara Membersihkan Kompor Tanam Berbahan Kaca dengan Mudah

Cara membersihkan kompor tanam berbahan kaca tentu berbeda dengan komponen material lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh struktur glasses sebagai penyusun rangka permukaan alat pembakaran tersebut. Di samping itu bahannya cenderung lebih sensitif serta rentan terhadap goresan maupun interaksi dengan benda berbahaya lainnya.

Untuk menghindari kesalahan pada proses perawatan kompor tanam berbahan kaca, Anda perlu menerapkan cara pembersihan yang tepat. Hal ini pun perlu diterapkan dalam keseharian dan setiap kali hendak menghilangkan noda atau tumpahan makanan di area tersebut.

Adapun cara-cara membersihkan kompor tanam berbahan kaca yakni sebagai berikut.

  • Menyiapkan Alat-Alat dan Perlengkapan Pembersihan yang Tepat

Langkah pertama dimulai dengan menyiapkan alat-alat serta perlengkapan kebersihan sesuai peruntukannya. Dalam hal ini tentu saja perangkat yang dibutuhkan harus ramah terhadap material kaca. Maksudnya yakni tidak ada goresan maupun interaksi bahan kimia akibat penggunaan cairan salah.

Adapun peralatan dan bahan yang diperlukan antara lain seperti kain lap dengan serat dan permukaan halus, air bersih serta cairan khusus pembersih kaca. Selain itu cara penggunaannya wajib dilakukan secara tepat sekaligus berhati-hati agar tidak melukai material namun tetap menjadikannya kinclong.

  • Teknik Melakukan Pembersihan Kompor Tanam Berbahan Kaca

Dikarenakan strukturnya yang diletakkan secara permanen di meja dapur maka cara pembersihannya pun tidak dapat dengan memindahkan badan kompor tersebut. Melainkan langsung membersihkannya di area tersebut. Adapun pembersihan secara rutin setelah memasak dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Tunggu kondisi kompor mulai mendingin
  2. Siapkan lap kain halus
  3. Basahi kain lap dengan air bersih
  4. Peras hingga kain tidak meneteskan air
  5. Siapkan cairan khusus pembersih kaca atau kompor
  6. Semprotkan cairan tersebut ke permukaan kompor
  7. Lap dengan kain yang sudah disiapkan
  8. Pastikan seluruh bagian di lap secara merata
  9. Selanjutnya lap kembali dengan kain kering yang halus
  10. Pastikan tidak ada air tersisa
  • Teknik Membersihkan Kompor¬† Berbahan Kaca yang Terkena Tumpahan Makanan

Berbeda dengan pembersihan rutin yang dilakukan setiap selesai memasak. Ada pula situasi tertentu misalnya terjadi tumpahan makanan terlebih lalu membuat kondisi kompor berbahan kaca sangat kotor. Adapun cara membersihkannya yakni sebagai berikut.

  1. Lap menggunakan kain kering tumpahan makanan
  2. Pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di kompor
  3. Kemudian basahi lap kain halus dengan air
  4. Peras dan usapkan ke bagian yang kotor
  5. Kemudian semprotkan cairan pembersih kompor
  6. Lalu usap sekali lagi secara merata
  7. Selanjutnya lap kembali dengan kain kering yang halus
  8. Pastikan tidak ada air tersisa
  • Penting Untuk Mengeringkan Kompor Tanam Setelah Dibersihkan

Metode pengeringan akhir setelah membersihkan kompor dengan kain basah dan cairan khusus termasuk pada langkah wajib untuk merawat kompor tanam Anda. Terlebih yang menggunakan sumber daya listrik, kebab air atau kelembaban tertinggal dapat menimbulkan reaksi terhadap aliran kelistrikan.

Sedangkan pada kompor induksi maupun gas, air dan kelembaban yang tersisa di permukaannya menjadi pertumbuhan bakteri serta jamur kaca. Hal tersebut dapat membuat tampilannya kusam serta tidak kinclong lagi bahkan meski sudah dibersihkan. Selain itu penting untuk diperhatikan jenis kain guna membersihkan harus lembut dan memiliki daya serap baik. Demikian informasi tentang cara membersihkan kompor tanam berbahan kaca yang penting untuk diperhatikan dan diterapkan dengan baik. Dengan begitu diharapkan alat dapur sebagai komponen pengapian ini dapat awet serta tetap seperti baru. Semoga keterangan di atas bermanfaat.