How To Organize Your Food

How To Organize Your Food- Rinnai Indonesia

Mengatur letak penyimpanan makanan di kulkas adalah kunci untuk memastikan makanan bisa bertahan lebih lama dengan nutrisi terjaga seoptimal mungkin . Berdasarkan petunjuk dari badan pengawas obat dan makanan AS, suhu kulkas yang direkomendasikan adalah di bawah 4 derajat celcius, sementara suhu lemari pembeku (freezer) -18 derajat celcius.

Penyimpanan makanan di dalam kulkas tidak boleh asal karena akan mengakibatkan bahan makanan yang disimpan mudah rusak. Rinnai kali ini akan memberikan tips & trick untuk kamu nih sahabat agar bahan makanan yang kamu simpan tidak cepat rusak dan selalu terjaga nutrisinya. Langsung saja yuk simak!

Cara Menata Bahan makanan di Kulkas

Freezer

Penempatan daging, makanan beku, dan ice cream kalian dapat meletakkannya di freezer karena memiliki suhu yang dingin.

Rak Atas

Bagian rak atas ini dapat kamu gunakan untuk menyimpan makanan yang akan segera dimakan dan di masak bahan pangan yang tidak perlu di masak seperti daging dan ikan yang akan segera dimakan, telur dan susu.

Rak Tengah

Rak bagian tengah ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan mentah dan bahan-bahan makanan yang butuh dimasak seperti keju, sayur atau lauk pauk, , atau bubuk rempah yang butuh disimpan di kulkas.

Lemari bawah

Lemari bawah di dalam kulkas, dirancang untuk menyimpan bahan pangan yang membutuhkan kelembaban tertentu agar tersimpan dengan baik seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kunci utama menyimpan bahan makanan di area ini adalah pisahkan bahan makanan yang membutuhkan kelembaban rendah dan tinggi. Untuk bahan makanan yang membutuhkan lembaban tinggi seperti kol, brokoli, cabai, dan wortel dapat kamu simpan di bagian kanan dan untuk bahan makanan yang memiliki kelembaban rendah seperti anggun ,apel, jamur, dan pear dapat kamu simpan di bagian kiri.

Pintu Kulkas

Pintu kulkas merupakan area terhangat dari kulkas yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan yang tidak gampang busuk seperti minuman, saus, mayonaise, selai, dan acar. Kesalahan umum penyimpanan di pintu digunakan untuk menaruh telur. Faktanya, meski telur relatif tahan lama, telur sebaiknya disimpan di rak tengah kulkas dengan wadah tertutup.

Selain membuat makanan lebih awet, pengaturan letak makanan yang baik menguntungkan kamu lho sahabat, kamu tidak perlu waktu lama untuk mencari bahan makanan tertentu karena sudah tahu letak dan jenis bahan makanan yang tersimpan. Selain itu, sahabat juga jadi lebih awas akan stok makanan di kulkas serta tahu mana yang harus segera dikonsumsi atau dimasak. Dengan begitu, kemungkinan makanan busuk dan terbuang sia-sia pun dapat dihindarkan.