Memacu Adrenalin dengan Bungee Jumping

Hallo Sahabat Rinnai! Siapa disini yang suka dengan olahraga extrem? Salah satu jenis dari olahraga extrem ini ialah olahraga Bungee Jumping. Olahraga ekstrem satu ini sedang banyak digemari oleh para kaum anak – anak muda di Indonesia. Terbukti dengan saat ini banyaknya wisata yang menyediakan wahana adrenalin Bungee Jumping ini di indonesia. Selain mejadi sarana rekreasi bungee jumping juga bisa disebut sebagai olahraga.

Secara keseluruhan, Bungee Jumping ini merupakan latihan gerak dengan sentuhan akrobatik yang menggunakan chord seperti pada olahraga bungee jumping.  Menurut instruktur bungee working, Stepahanie T. Lauw, keunggulan latihan ini adalah tingginya intensitas, bertekanan rendah, dan fokus pada pengencangan otot. 

Latihan Bungee Jumping ini dapat membakar lebih banyak kalori dan membantu memperkuat otot di area perut dan pinggang dari pada olahraga biasanya, sehingga dapat menjadi alternatif bagi sahabat yang ingin menurunkan berat badan. Latihan bungee jumping ini juga aman dilakukan bagi sahabat yang memiliki cedera pada lutut dan kaki, para sahabat yang lanjut usia, dan penderita obesitas.

Wisata bungee jumping ini juga bisa ditemukan di indonesia loh, seperti di Bali, Bandung, Jogja. Berikut ini adalah beberapa wisata Bungee Jumping yang ada di Indonesia:

Jalan Pura Puseh, Seminyak, Bali

Bungee Jumping ini berkolasi di Pantai Seminyak, tepatnya depan pantai di klub Double Six. Harga yang di tawarkan untuk wahana ini sekitar Rp. 850.000 untuk satu orang dan sebesar Rp. 1.700.000 untuk dua orang. Harga tersebut akan dapat berubah, lebih baik jika bertanya dahulu sebelum memainkan wahana ini.

Bali Tower, Kuta, Bali

Bungee Jumping ini terletak di Bali Tower di sekitar Pantai Kuta. Di Bali Tower ini sahabat bisa memainkan wahana ini setinggi 45 meter, kemudian sahabat akan dijatuhkan ke dalam kolan berenangyang dibuat khusus di bawah menara. Wahana Bungee Jumping di Bali Tower ini buka setiap hari senin – jumat pukul 12.00 – 20.00 WITA, sedangkan untuk weekend buka pada puku 14.00 – 18.00 WITA.

Jalan Arjuna, Seminyak, Bali

Sahabat juga bisa menemukan Wahana Bungee Jumping ini di kawasan Arjuna Seminyak. Di sini, sahabat akan terjun dari ketinggian 45 meter. Memberikan sensasi yang berbeda dengan lainnya, karena sahabat melompat dari menara yang terdapat lift, sehingga sababat tidak perlu menaiki tangga dan berjalan kaki.

Jembatan Rajamandala, Bandung

Sahabat yang berada di bandung juga bisa mencoba memainkan wahana ini di Kutalaksana Desa Mandalawangi, Mandalasari, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jembatan Rajamandala ini merupakan jembatan yang mehubungkan Bandung barat dan Cianjur. Jembatan ini sering digunakan untuk melakukan aktivitas rope jumping. Rope jumping ini mirip dengan bungee jumping hanya saja rope jumping menggunakan peralatan panjat tebing.

Desa Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar Bali

Rekomendasi lainnya adalah Desa Blangsinga. Lokasi untuk bunge jumping ini berada di Air Terjun Tegenungan. Bungee Jumping Blangsinga ini menyediakan fasilitas yang aman dan lengkap. Selain itu, spot pemandangan air terjunnya juga sangat indah.

Jalan Benesari, Kuta, Bali

Selain di Desa Blangsinga, Di jalan Benesari ini juga menyediakan tempat wisata untuk memainkan Bungee Jumping dan Slingshot. Jika Bungee jumping menantang adrenalin kalian dari melompat dengan bagian badan yang terikat, beda halnya dengan slingshot. Slingshot ini merupakan permainan yang memicu adrenalin dilakukan dengan cara kamu sahabat akan dilempar jauh tinggi sanpai terasa seperti terbang.

Jembatan Duwet, Kulon Progo, DIY

Selain di Bali, wahana Bungee Jumping ini juga ada loh di Yogyakarta dan Kulon progo. Jembatan Duwet ini selain digunakan sebagai sarana transportasi, jembatan ini juga dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas Rope Jumping. Sahabat akan diajak melompat dari ketinggian 60 meter. Dan biayanya sebesar Rp. 200.000.

Baca juga : 5 Manfaat Berolahraga Bagi Tubuh

Photo: pureafricaexperiences.com